Saturday, May 28, 2016

Pengertian Softswitch Beserta Layanan Dan Aplikasinya


Pengertian Softswitch

Softswitch adalah perangkat pusat dalam jaringan komunikasi yang menghubungkan panggilan dari satu saluran telepon ke seluruh saluran jaringan komunikai atau internet publik, dengan menggunakan perangkat lunak yang berjalan pada sistem komputer dengan tujuan umum.

Konsep Dasar Softswitch

Konsep dasar dari layanan yang diberikan softswitch adalah untuk mendukung kebutuhan konvergensi layanan masa datang, yaitu terintegrasi layanan suara dan data dalam satu platform jaringan. Oleh karena itu implementasi jaringan berbasis softswitch didesain untuk menyediakan layanan berupa teleponi, data, internet, dan multimedia.

Konsep dasar penyediaan layanan telepon oleh softswich harus mampu menyediakan layanan telepon minimal setingkat dengan layanan layanan yang sudah diberikan oleh PSTN dengan berbagai kelengkapan fiturnya. Jenis layanan yang sudah diberikan kepada pelanggan selama ini, diantaranya sebagai berikut :
  • Komunikasi lokal
  • Komunikasi jarak jauh
  • Komunikasi international
  • Emergency Services
  • Number portability
  • Televoting
  • Prepaid dan postpaid
  • Service Class
  • Voice VPN
  • Toll free
Layanan Softswitch

sebagai penyedia layanan telepon dan data, sistem pada softswitch harus dapat diimplementasikan sebagai switch kelas 4, switch kelas 5, dan titik interkoneksi. Dalam praktek implementasnya, masing-masing jenis kelas tersebut dapat berdiri sendiri ataupun juga bisa berkombinasi.

Aplikasi atau fitur di dalam system software dapat diberikan oeh 2 server yaitu :

  1. Features Server (Basic Application)
  2. Application Server (Enchanced Application)
Feature server 
feature server adalah elemen jaringan softswitch yang berfungsi untuk menyediakan fitur fitur untuk layanan telepon. Feature server harus memiliki fasilitas Application Programming Interfaces (APls) yang memungkinkan operator atau pihak pengembang layanan dapat mengembangkan sendiri fitur fiitur yang akan diberikan kepada pelanggan.

Application Server 
application server adalah elemen jaringan softswitch yang berfungsi menyediakan aplikasi tambahan, termasuk logika pelayanan dan eksekusinya terhadap satu atau lebih aplikasi dan atau layanan.

Media Server
Media server adalah elemen jaringan sebagai penyedia media pemroses dalam mendukung kinerja aplikasi serperi audio video conferencing, brandig of services, music-on-hold, dll.

Softswitch dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas 4 dan kelas 5 :

Softwitch yang digunakan untuk lalu lintas antara operator biasanya disebut kelas 4 softswitch fungsi utama dari kelas 4 softswitch adalah besarnya ukuran routing dari panggilana jarak jauh. karakteristik dari softswitch kelas 4 adalah mendukug protokol dan konversi, transcoding, Call per second rate, average time of one call routing, number of concurrent calls.

kelas 5 softswitch dimaksudkan untuk berkerja dengan end-user. Softswitch keals 5 ini baik untuk layanan telepon lokal dan jarak jauh. kelas 5 softswitch ditandai dengan layanan tambahan untuk end-user dan klien perusahaan seperti IP PBX fitur, Call center services, calling card platform, Qos, Group Busines, dan lain lain.

Layanan Kelas 4 Softswitch

Time Dependent Routing
softswitch harus mampu melakukan pemilihan jalur routing berdasarkan waktu dalam hari dan hari dalam minggu.

Routing for Operator
softswitch harus mampu melakukan pemilihan jalur outing berdasarkan operator trafik tersebut berasal.

Routing for Services
softswitch harus mampu melakukan pemilihan jalur routing berdasarkan jenis layanan tertentu dan trafik yang masuk. Misalnya pemilihan routing tertentu untuk layanan emergency, AIN dan lain lain.

Routing for Network
softswitch harus mampu melakukan pemilihan jalur routing berdasarkan jenis jaringan. Misalnya routing tertentu untuk trafik rusak yang berasal dari jaringan seluler, PSTN, VoIP, VPN, dan lain lain.

Trunk Group Bundlink
softswitch harus mampu melakukan pengelompokan trunk (trun group) dan masing masing dapat dikontrol dan dikelola secara tersendiri atau independen terhadap yang lain.

Switch ID / Trunk Group Routing
softswitch harus mampu melakukan pemilihan routing berdasarkan kelompok switch atau trunk dari mana trafik tersebut berasal.

CIC (Carrier Identification Code) Routing
softsiwtch harus mampu melakukan pemilihan kanal percakapan dengan pola tertentu sesuai dengan pola pemilihan yang dilakukan oleh pihak lawan sehingga tidak terjadi tabrakan pendudukan kanal sirkuit.

Class of Services Restriction
softswitch harus mampu memberikan prioritas pengiriman berdasarkan kelas layanan yang dimilikinya. Dalam kedaan trafik padat, trafik yang memiliki kelas layanan rendah akan dikenakan penundaan, sementara trafik memiliki kelas layanan tinggi akan didahulukan.

Blocking
softswitch harus dapat melakukan blocking berdasarkan destination, geographic/area code, country code, call type : international, operator, destination, address.

Overflow Routing
softswitch harus mampu melakukan pengaturan atau routing terhadap kelebihan trafik.

Screening (country code and operator)
softswitch harus mampu melakukan screening terhadap panggilan yang datang dari operator lain dan atau dari luar negeri berdasarkan kode operator dan kode negara

Automatic Re-routing
softswitch harus mampu melakukan re-routing terhadap trunk group tertentu secara otomatis

Layanan kelas 5 Softswitch

Abbreviated Dialing
abbrevated dialing adalah fitur untuk mempersingkat proses dialing dengan nomer singkatan yang terdiri dari satu atau dua digit. Softswitch harus mampu untuk mendeteksi penggunaan fitur ini oleh pelanggan denngan melakukan pemetaan nomor singkata ke nomor yang sebenarnya dan kemudian melakukan proses panggilan seperti bila pelanggan melakukan panggilan langsung tanpa nomor singkatan.

Call Forwarding ( Unconditional, On Busy, No Answer, Call Waiting)
call forwarding adalah fitur yang memungkinkan pelanggan untuk mengalihkan panggalan yang datang ke nomor lain yang terlah ditentukan pada saat fitur ini diaktifkan. Pengalihan ini ditentukan oleh kondisi nomor tujuan apakah uconditional, on busy, no answer atau pada saat ada call waiting. Aktifasi dapat dilakukan oleh pelanggan atau operator.

Call Waiting
call waiting adalah fitur yang memungkinkan pelanggan menerima panggilan lain pada saat telepon sedang digunakan. Sistem softswitch harus mampu mengirimkan tone interupsi bila pelanggan tersebut dalam keasaan busy, selanjutnya sentral akan menunggu aksi dari pelanggan tersebut apakah pelanggan menerima panggilan dengan menekan tombol flash.

Cancel Call Waiting
adalah fitur pelengkap call waitung. Dimana selain dapat menerima call waiting. pelanggan juga dapat menolak call waiting yang datang.

Call Line identification Presentation (CLIP)
adalah fitur yang memungkinkan pelanggan mengetahui identitas pemanggil. Sistem softswitch harus dilengkap dengan perangkat pembangkit FSK (frequency shift Keying) untuk mengirimkan CLI.

CLIP on Call Waiting
adalah fitur yang memungkinkan terminal pelanggan dapat menampilan nomor pemanggilan saat ada call waiting.

Conference Cakk
fitur yang memungkinkan pelanggan dapat melakuka konferensi telepon, baik sebagai call terminating atau call originating. Sistem softswitch harus mempunyai kemampuan untuk menangani panggilan koferense untuk tiga pelanggan atau lebih.

Layanan Tambahan Pada Softswitch

Voice VPN
Layanan yang menyediakan voice VPN bagi pelanggan untuk menyalurkan trafik voice internal pelanggan yang tersebar di beberapa tempat menjadi satu jaringan

Prepaid Services ( panggilan pra-bayar)
layanan yang menyediakan sarana bagi pelanggan untuk melakukanpanggilan dengan menggunakan kartu pra-bayar (Prepaid Card). Layanan pra-bayar ini dapat digunakan untuk pemanggilan lokal, jarak jauh sesuai dengan jenis kartu yang disediakan dan dimungkinkan untuk memenuhi panggilan konferensi.

Centrex (Virtual PBX)
adalah fitur yang memungkinkan beberapa pelanggan membentuk grup pelanggan, sebagaimana dala sistem PBX, tanpa dibatasi oleh suatu lokasi. Sistem softswitch harus menyediakan berbagai macam fasilitas layanan seperti, Call transfer by extension, Pembedaan pembebanan antar anggota, Extension Dial.

Multimedia Coferecing
Layanan yang memungkinkan pelanggan dapat melakukan panggila konferensi yang dilengkapi
voice, text, dan juga vieo

Web Base Services
layanan berbasi web yang dapat digunakan untuk aplikasi aplikasi tertentu yang ditetapkan oleh telkom, misalnya click to dial, web center, corporate directory, connection call, web conference dan lain lian.

Unifield messaging Services (UMS)
layanan yang memungkinkan pelanggan dapat mengirim dan menerima pesan dari pelanggan lain atau dari pihak penyedia konten. Pesan yang dikirim atau terima dapat berupa text, voice, maupun multimedia dengan berbagai macam kandungan isinya.






EmoticonEmoticon