Friday, September 28, 2018

Mengenal apa itu Artificial Intellegence | Kecerdasaan Buatan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.



Hay teman-teman kembali lagi dengan saya Afif Ma'ruf Eska.

Baiklah pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang apa itu artificial intellegence atau biasa kita sebut dengan AI.

Pernahkah teman-teman membayangkan tentang teknologi maju seperti robot yang dapat berbicara atas kemauannya sendiri? atau mungkin teman-teman ingin menciptakan sebuah robot yang bisa ngebantu temen-temen di rumah, terutama untuk bersih bersih?.

Ehehe, tentu saja robot yang bisa melakukan pekerjaan rumah jadi idaman untuk orang orang yang sibuk dengan pekerjaan ataun kegiatan diluar rumah, sehingga sudah tak ada waktu mengurus rumah.

Itulah contoh dari AI, layaknya robot namun lebih pintar lagi ehehe.

Pengertian Artificial Intellegence

Berdasarkan Wikipedia pengertian dari Artificial Intellegence adalah kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah  atau dalam bahasa Intelegensi Artifisial didefinisikan juga sebagai entitas ilmiah.

Lalu apa sih sebenarnya tujuan dari pembuatan AI? apakah para peneliti benar benar ingin menciptakan sebuah robot yang tujuannya hanya untuk bersih bersih saja? jelas jawabannya tidak.

AI diciptakan untuk membuat sebuah komputer melakukan suatu hal seperti layaknya apa yang dilakukan oleh manusia yaitu berpikir.

Setelah banyak diteliti AI juga dapat digunakan untuk berbagai macam hal seperti, memecahkan masalah, mengendarai mobil, menjaga rumah, mengenali wajah, mengenali suara, dan lain lain.

Tujuan lain dari AI berdasarkan tujuan ilmiah merupakan salah satu hasil dari perkembangan teknologi dan juga mampu memecahkan suatu masalah secara efektif, efisien, dan lebih teliti.

lalu apa saja kelebihan dari menggunakan AI ?

Kelebihan Menggunakan Artificial Intellegence
  1. Tidak adanya batasan waktu penggunaan, AI bisa digunakan kapanpun.
  2. Kecepatan dan keakuratan yang lebih baik dari manusia.
  3. Mampu menganalisa data yang besar atau banyak.
  4. Memiliki kemampuan setara dengan seorang pakar.

Bukankah menurut kalian AI sangat membantu dalam kehidupan manusia? eitss... tunggu dulu, dimana ada kelebihan pasti ada dong kekurangan, berikut kekurangan dalam menggunakan  artificial intellegence

Kekurangan Menggunakan Artificial Inttelegence

  1. Tidak mampu mengembangkan ilmu pengetahuan itu sendiri, namun hal ini kembali lagi harus.bergantung pada bagaimana sistem dibangun.
  2. Terbatas pada si pembuat yaitu programmer.
  3. Pengembangannya memerlukan biaya yang mahal.

Setelah kita paham mengenai kelebihan dan kekurangan artificial intellegence sekarang saatnya kita lihat contoh contoh dari artificial intellegencenya nih.

Contoh dari penggunaan AI


Spotify
dengan menggunakan kecerdasan buata Spotify menciptakan artificial intellegence yang bernama Dicvover Weekly, yang dimana spotify akan merekomendasikan playlist atau lagu lagu pilihan yang akurat untuk penggunanya.


Netflix
Netflix juga menggunakan artificial intellegence sebagai sistemnya untuk merekomendasikan berbagai film yang menarik untuk para penggunanya.



Google
google sudah menerapkan sistem artificial intellegence dalam setiap pencarian yang dilakukan oleh user atau penggunanya. Dan berkat sistem kecerdasan itulah yang membuat google sampai saat ini masing unggul dari pada mesin pencari yang lain.

Bagaimana menurutmu teman-teman apakah Artificial intellegence itu sangat membantu manusia?

baiklah cukup sampai disini saja artikel ini, demikian artikel tentang mengenal apa itu artificial intellegence dengan pengertian lalu adapula kelebihan dan juga kekurangan yang sudah saya tunjukkan dan juga ada beberapa contoh dari penggunaan artificial intellegencenya. sekian terimakasih waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon