Sunday, September 2, 2018

Pentingnya Tata Krama Dan Budaya Dalam Menggunakan Media Informasi Teknologi

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Halo temen temen, sebelum memulai artikel ini saya mau mengucapkan terimakasih atas rahmat dan hidayah yang telah diberikan oleh Allah SWT sehingga saya bisa menulis artikel ini, langsung saja.



Indonesia adalah negara yang terkenal akan keramah tamahannya dalam bertata krama dan berbudaya.

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita wajib untuk menjunjung tinggi tata krama dan budaya yang baik pula dimanapun kita berada.

Tata krama dan budaya yang baik merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, tentunya ini juga berlaku dalam rana teknologi.

Karena sebagai warga negara indonesia yang baik, kita juga harus baik tentunya dalam menggunakan sesuatu.

Artikel ini berdasar dari hal yang sering saya alami sendiri ketika saya menggunakan media informasi berbasis teknologi.

Dimulai dari masih seringnya saya melihat orang-orang yang tidak memiliki tata krama dan budaya yang baik dalam menggunakan teknologi ini.

Tata krama dan budaya dalam teknologi adalah aturan yang baik dilakukan oleh seseorang saat menggunakan teknologi dan juga menjunjung tinggi nilai nilai kebudayaan bangsa

Adapaun contoh buruk yang harus kita hindari saat menggunakan media informasi teknologi seperti dibawah.


Cotoh Buruk Dalam Menggunakan Media Informasi Teknologi / Sosial Media:

- Bullying
- Mengatakan perkataan kasar
- Mencela orang
- Mengupload porno
- Melakukan penipuan
- SARA
- Dan lain lain

tentunya sebagai pengguna sosial media sayapun merasa terganggu atas tindakan seperti di atas.

"Apakah mereka tidak sadar, apa yang ditulis ataupun diupload ke dalam sosial media itu bisa dilihat oleh jutaan, bahkan ratusan juta orang diseluruh dunia?"

"Atau mungkin mereka tidak peduli?"

"Hmmm ... Perlu dipertanyakan ......"

Indonesia merupakan negara yang memang menjunjung tinggi tata krama dan budayanya.

Sama hal nya seperti saat kita sedang berada dimasyarakat, kita pun juga harus menjunjung tinggi nilai nilai tata krama dan budaya yang kita miliki, seperti :


Contoh Baik Dalam Menggunakan Media Informasi Teknologi:
- Sopan Santun
- Saling Menghormati
- Menjaga lisan
- Saling berbagi kebaikan
- Saling toleransi
- Berdamai

Ini adalah contoh positive yang bisa kita terapkan saat menggunakan sosial media atau media teknologi lainnya.

Jika kita semua menerapkan tata krama dan budaya yang baik seperti budaya indonesia ini, tidak akan ada lagi orang yang semena-mena dalam menggunakan media teknologi.

Namun sangat disayangkan hal ini masih belum bisa terwujud.

Banyaknya masyarakat yang buta akan aturan tata krama dan berbudaya dalam teknologi menyebabkan orang masih bebas dan semena mena di media teknologi.

Inilah yang menjadi tantangan bagi kita sebagai anak bangsa untuk meningkatkan tata krama dan budaya dalam berteknologi yang baik sehingga menciptakan masyarakat yang baik juga dalam menggunakan teknologi.

Berikut saya memiliki solusi untuk menangani tindakan orang yang semena mena dalam menggunakan teknologi.

Solusi Menangani Tindakan Semena-mena Dari Orang Yang Menggunakan Media Informasi Teknologi / Media Sosial:

- Peringatkan, memperingatkan seseorang adalah langkah pertama apabila kita ingin menyadarkan seseorang, peringatkanlah seseorang untuk bertata krama dan berbudaya yang baik dalam menggunakan teknologi dengan halus, tidak menggunakan cara kasar. Memang tidak semua orang akan langsung sadar ketika kita berikan peringata tapi ini adalah langkah awal.

- Menyabarkan cara penggunaan teknologi yang baik dan benar, menyebarkan informasi adalah solusi agar orang orang tahu akan penggunaan teknologi yang benar.

- Laporkan, apa bila ada seseorang yang memang sudah melampau batas kewajaran bisa dilaporkan langsung kepada pihak yang berwajib, karena saat ini Undang-Undang sudah sangat kuat dalam mengatur penggunaan media teknologi.

Itulah pentingnya tata krama dan budaya dalam menggunakan media informasi teknologi, agar masyarakat tidak akan lagi buta akan aturan dalam menggunakan teknologi, sekian terimakasih Wassalamuaalaikum.

2 comments


EmoticonEmoticon