Friday, May 20, 2016

Pengertian Pointer Pascal



Pengertian Pointer Dalam Pascal

pointer dalam pascal merupakan hal yang mudah dan menyenangkan untuk dipelajari. Beberapa tugas dilakukan pemrograman pascal dilakukan lebih mudah dengan menggunakan pointer. Sehingga diperlukan belajar pointer untuk menjadi pemrogram yang handal dalam pascal.

Seperti yang diketahui, setiap variable adalah lokasi memory dan dalam setiap lokasi memory memiliki alamat pasti yang dapat diakses dengan menggunakan nama variable pointer.

Apa Pointer Dalam Pascal?

Pointer Pascal adalah sebuah variable dinamis, yang nilainya merupakan alamat dari variable lain, yaitu alamat langsung dari lokasi memory. Seperti variable atau konstanta anda harus menulis pointer sebelum menggunakanya untuk menyimpan alamat variable.

Type pointer dalam pascal didefinisikan dengan sebuah symbol panah keatas / caret (^) dengan type dasar. Setelah variable pointer didefinisikan sebagai jenis tertentu, pointer dapat menunjukan data item hanya dengan tipenya.

agar bisa menyimpan alamat memory dara angka/integer. diharuskan membuat pointer yang juga di-set untuk menampun tipe data integer pointer. Contohnya :

var
   point_angka : ^integer;
ok selanjutya saya tuliskan kode penuh dari contoh pointer pascal :

Program pointer
uses wincrt;
var
angka : integer;
pointer : ^integer;

begin
clrscr;
angka:=99;
writeln('variable angka berisi : ',angka);

pointer:=@angka;
writeln('variable pointer merujuk kenilai: ',pointer^);

angka:=40;
writeln('variable pointer merujuk kenilai: ',pointer^);
readln;

end.
ok cukup segitu aja, bila ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis dikomentar, terimakasih.
salam #programer_pascal


EmoticonEmoticon