Thursday, June 15, 2017

Cara Membuat Efek Smudge di Photoshop Dengan Mudah

[TUTORIAL PHOTOSHOP] Cara Membuat Efek Smudge di Photoshop Dengan Mudah - Cihay! kembali lagi pada postingan tutorial photoshop. Pada postingan kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuat efek smudge di photoshop.


Di tutorial photoshop kali ini pembuatannya akan sangat sangatlah mudah bahkan buat newbie pemula sekalipun yang baru install photoshop juga bisa nyoba tutorial ini. Why ? karena pada cara pembuatan smudge di tutorial photoshop ini kita akan menggunakan tool yang telah ada di photoshop, jadi bisa dibilang tutorial ini instan pembuatan smudgenya, bukan seperti tutorial tutorial smudge yang biasanya sudah pro yaitu dengan menggosokkan bagian bagian tertentu karna hal ini lumayan sulit bagi para pemula.

Jadi kita buat jalan pintas untuk membuat smudge di photoshop dengan menggunakan tool yang namanya Oil Paint. Hanya dengan sekali klik lalu atur jadi dehkk smudgenya :D

Alat Tempur :

Software Adobe Photoshop CS 6
Terserah mau menggunakan photoshop versi berapapun seperti photoshop cs 3, photoshop cs 5, photoshop cc, semuanya sama saja. Sesuaikan saja dengan yang dipunya, klo punyanya photoshop cs 5 gunakan saja cs 5 tidak perlu install sama persis seperti di tutorial.
Sistem Operasi Windows 10
Terserah mau pake sistem operasi apapun intinya ngga usah menirukan persis karna disini saya cuma menyebutkan apa yang saya pake saja up to you vroh terserah.
Bahan Contoh Untuk Latihan
Bahan yang saya gunakan untuk membuat efek smudge dengan menggunakan foto cewek yang saya dapet dari wallhaven bisa dicek disini : Gambar Cewek Untuk Smudge. Bisa juga menggunakan foto yang kalian miliki sendiri kok coba saja yhh ok.

Tutorial Cara Membuat Smudge Di Photoshop :


#1. Siapkan gambarnya terlebih dahulu, bisa menggunakan bahan yang saya berikan diatas atau pakai gambar milik sendiri. Cara membuka gambar di photoshop bisa ke arah pojok kiri atas, pilih File lalu pilih Open, atau juga bisa cara lain yaitu dengan Tekan CTRL+O pada keyboard.


#2. Setelah kita menyiapkan gambar, pada menu bagian atas, pilih FILTER lalu pilih OIL PAINT. Nantinya akan terbuka menu untuk mengatur Oil Paint


#3. Setelah terbuka menu Oil Paint, tinggal lakukan setting pengaturannya untuk membuat efek smudgenya. Stylization : 4.6, Cleanlines : 5.2, Scale : 10, Bristle Detail : 10,  Angular Direction : 360, Shine : 0.

Untuk pengaturan Stylization dan Cleanlines adalah efek yang memberikan timbulnya smudge, jadi harus menyesuaikan sendiri dengan gambarnya. Kalian bisa di tambah atau dikurangi hingga efek smudgenya lebih halus dan lebih bagus.


#4. Complite Selesai! Tutorial efek smudge telah berhasil! Good Job!

Hasil perbedaan setelah di edit smudge nampak lebih halus

Gimana hasilnya percobaan kalian? sudah baguskah? belumkah? pokoknya jangan nyerah untuk nyoba lagi. Mungkin cuma kaya gini saja yang bisa saya kasih ngga bagus bagus amat tapi lumayan ilmunya nambah. Kalau ada yang kesusahan atau kebingungan silahkan tulis saja di kolom komentar nantinya akan saya bantu sampai bisa. ok terimakasih :)

[I LOVE MY ARTIKEL JANGAN DI COPAS]





EmoticonEmoticon