Thursday, July 13, 2017

Cara Mengatasi Laptop Atau Komputer Lelet

cara mengatasinya dengan melakukan perawatan hardware dan software

Laptop atau komputer yang lelet bakal bikin pekerjaan kamu jadi lebih lama.

Hal ini bisa desebabkan dari berbagai macam hal, mulai dari umur yang sudah lama, file yang terlalu banyak, tidak mampu membuka banyak aplikasi sekaligus, melebihi batas kemampuan laptop atau komputer.

Hal hal tersebut bisa jadi adalah penyebab laptop atau komputer kamu jadi lelet.

Dalam mengatasi kasus ini kamu mungkin harus melakukan beberapa cara yang akan saya berikan untuk mengatasinya.

Cara ini tidak bisa dibilang 100% ampuh, namun dalam beberapa hal cara ini memang membuat sebuah laptop atau komputer kamu menjadi lebih ringan dari sebelumnya walau mungkin tidak begitu terlihat perbedaannya.

Pada dasarnya untuk membuat laptop atau komputer kamu agar tidak lelet dan tetap normal, sebenarnya kamu hanya perlu melakukan perawatan secara berkala saja, tidak perlu rutin setiap hari, namun bisa dijadwal dalam beberapa kali.

Tentunya untuk melakukan jadwal perawatan sendiri, kamu harus tahu terlebih dahulu seberapa sering laptop atau komputer kamu digunakan kemudian baru menentukan waktu untuk melakukan perawatannya.

Perawatannya terdiri dari 2 macam hal yaitu :
- Perawatan komponen hardware.
- Perawatan software aplikasi yang terinstall.

Cara Melakukan Perawatan Komponen Hardware Pada Laptop Atau Komputer :

Yaitu dengan membersihkan debu yang menempel pada bagian dalam laptop atau komputer.

Kamu bisa membersihkannya sendiri namun saya sarankan jika tidak tahu menahu soal bongkar pasang TIDAK DISARANKAN UNTUK NEKAT BONGKAR SENDIRI! karena bisa menyebabkan kerusakan laptop atau komputer menjadi mati atau tidak bisa digunakan lagi, jadi lebih baik datang ke toko service komputer dan minta untuk dibersihkan saja.

heat sink yang kotor dapat menyebabkan tersumbatnya aliran udara

Debu yang menempel dapat menyebabkan terhambatnya arus pada motherboard (papan penyangga komponen hardware)  dan membuat laptop atau komputer kamu menjadi lelet.

Debu juga bisa menempel pada bagian heatsink atau kipas apabila debu dibiarkan begitu saja kotor dapat menyababkan tersendatnya putaran heatsink untuk meniup processor dan processor menjadi gampang panas dan membuat proces pada laptop atau komputer juga menjadi lambat.

Bagi kamu pengguna laptop disarankan untuk tidak bermain game berat overtime terlalu lama, hal ini karena laptop lebih cepat panas dari pada komputer.

Panas yang ditimbulkan oleh laptop dikarenakan bentuk laptop lebih tertutup dan hanya memiliki satu pendingin saja pada bagian processornya, hal ini tidak cukup kuat untuk digunakan dalam waktu yang berlama lama dan dapat menimbulkan kerusakan.

disarankan menggunakan cooling pad jika lama dalam menggunakan komputer

Bagi yang tetap ingin memaksakan laptopnya digunakan untuk berlama-lama disarankan untuk menggunakan Cooling Pad, cooling pad adalah pendingin laptop yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi panas yang ditimbulkan oleh laptop.

Cara Melakukan Perawatan Software Aplikasi Pada Laptop Atau Komputer :

Kamu dapat mulai melakukan perawatan software mulai dari membersihkan data browser seperti google chrome, mozila firefox dll.

dengan cara clear hystory data kamu kamu bisa mereset ulang browser agar lebih enteng
Clear Cache Browser Google Chrome

Untuk caranya kamu dapat menekan tombol pada keyboard CTRL+SHIFT+DELETE lalu akan muncul tab baru pilih bersihkan mulai dari awal waktu lalu silahkan centang semua jika semua telah tercentang lalu klik clear browsing data maka semua data pada browser akan terhapus bersih dan memulai lagi dari awal.

Jangan terlalu banyak menginstall sofware.

Perawatan software berikutnya juga bisa kamu lakukan dengan cara menghapus software yang sudah tidak digunakan, software yang terlalu banyak dapat menimbulkan laptop atau komputer menjadi lelet, tentu dengan cara menghapus software yang tidak digunakan ini beban software pada komputer akan berkurang.

melakukan uninstall program yang tidak digunakan mengurangi beban laptop atau komputer
Uninstall Program

Cara hapus software yang sudah tidak digunakan klik pada tombol Windows lalu tulis control panel dan pilih program lalu pilih Uninstall a Program, silahkan pilih aplikasi yang sudah tidak digunakan, lalu tekan tombol klik kanan dan uninstall.

PENTING

Mengecek performance laptop atau komputer melalui Task Manager untuk melihat ada kendala atau tidak saat digunakan


melihat performa laptop agar tidak lelet
Task Manager Windows 10

Buka Task Manager dengan cara klik windows lalu tulis saja task manager lalu buka, pilih pada tampilan performance maka akan terlihat penggunaan 3 komponen yaitu CPU, RAM, dan DISK.

Dari ketiga komponen ini usahakan jangan sampai membuat ketiga komponen tersebut bekerja pada kemampuan 100% nya karna hal tersebut akan membuat laptop atau komputer kamu jadi sangat berat dan terkadang menjadi macet hingga tidak bisa di gunakan.

Bagaimana cara agar Task Manager tidak mencapai 100% ?

Disarankan jangan gunakan aplikasi berat atau bermain game game berat yang memang laptop atau komputer kamu tidak mampu untuk membuka atau memainkan gamenya, karena hal itu hanya akan menyiksa si laptop atau si komputer.

Apa yang harus dilakukan apabila Task Manager mencapai 100%

segera lakukan END TASK pada program atau aplikasi yang membuat performance 100% agar kembali ke normal, jika perlu segeralah uninstal program tersebut karna program tersebut bisa jadi penyebab laptop kamu jadi lelet.

Note : jangan end task program berlogo GERIGI karna itu adalah program system, jika di end task maka akan shutdown otomatis.

Cara Terakhir (Install Ulang)

Apabila setelah menggunakan beberapa cara diatas namun masih tetap lelet segera lakukan instal ulang karena mungkin memang ada beberapa hal yang mengganggu pada system jadi silahkan instal dari awal, dan jangan lupa untuk backup data agar data tidak terhapus.


EmoticonEmoticon