Saturday, August 12, 2017

Cara Mengecek Kesehatan Harddisk

Kesehatan harddisk adalah hal terpenting yang perlu kamu ketahui.

sampul cara mengecek kesehatan harddisk

Harddisk adalah tempat dimana semua data disimpan mulai dari document, musik, vidio, software, dan hal hal penting lainnya.

Dengan adanya harddisk ini kamu bisa menyimpan sebanyak banyakan data sesuai dengan kapasitas harddisk milikmu.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa harddiskpun juga dapat rusak.

Kerusakan di harddisk ini biasanya yang paling sering adalah karena usia harddisk yang sudah lama, penggunaannya yang sudah bertahun tahun, dapat menyebabkan harddisk menjadi rusak atau menjadi lambat.

Tentunya kamu ngga akan mau kehilangan data data penting yang ada diharddiskmu kan?

Nahh untuk itulah saya kasih tau bagaimana cara mengecek kesehatan harddisk.

Agar kamu tahu apakah harddiskmu sudah mau rusak, atau masih sanggup untuk bekerja

Cara mengecek kesehatan harddisk yang paling mudah adalah menggunakan software Hard Disk Sentinel, harddisk sentinel adalah software yang digunakan untuk memonitoring harddisk maupun SSD.

Fungsi Dari Aplikasi Ini Bisa Digunakan Untuk :
#1. Melakukan test pada harddisk
#2. Menemukan masalah pada harddisk
#3. Memperbaiki masalah pada harddisk
#4. Memonitoring kesehatan harddisk
#5. Mengukur suhu harddisk
#6. Dan beberapa fungsi lainnya

Beginilah Cara Mengecek Kesehatan Harddisk

Kamu bisa download softwarenya di www.hdsentinel.com/download.php (size : 22.61MB), pilih yang versi trial jika kamu ingin softwarenya secara gratis namun tentunya versi trial dibatasi waktu penggunaan beberapa hari atau bisa juga pilih yang berbayar untuk dapatkan softwarenya secara full.

Setelah didownload kamu extract  file zip-nya, lalu akan keluar file program setup untuk installasinya, buka program .exe tersebut lalu instal sepertia instal software biasa.

Setelah instalasi selesai buka programnya

cara mengecek kesehatan harddisk

Pada tampilan awalnya, kamu dapat melihat bagian pertama yaitu overview, bagian ini menampilkan kesehatan harddisk dan performancenya. Bahkan ada juga estimasi waktu hidup untuk harddiskya, jadi siap siap kalau ternyata umur harddiskmu tinggal beberapa hari saja cepat cepatlah ganti harddisk.

HDSentinel memiliki fitur SMART yang berfungsi untuk mendeteksi jika ada masalah atau kesalahan yang terdapat pada harddisk.

PENTING!
Apabila kesehatan harddiskmu sudah mencapai batas warna merah, cepat cepatlah untuk mengganti harddisknya.

Hal ini karena apabila harddisk telah mencapai 0% harddiskmu tidak akan tertolong lagi dan semua data yang terdapat didalamnya akan hilang rusak bersama harddisk.

Sekedar Tips!
Ada sedikit tips yang saya tahu cara agar harddiskmu tidak cepat rusak yaitu dengan tidak terlalu sering melakukan install ulang, install ulang yang berlebihan yang bahkan bisa berkali kali membuat data menumpuk pada harddisk sehingga harddisk melambat, ada juga Cara mengatasi Laptop atau Komputer Lelet.

Lakukan instal ulang disaat darurat seperti saat terkena virus, atau install ulang lah saat harddiskmu terasa lambat asalkan jangan lakukan install ulang yang berlebihan seperti melakukan install ulang setiap minggu atau bahkan setiap bulan yang nantinya malah membuat harddisk cepat rusak.

Terimakasih.


EmoticonEmoticon