Thursday, December 14, 2017

Cara Mengoptimalkan Windows 10 Supaya Lebih Cepat

Cara Optimalsisasi Windows 10 - Perkembangan teknologi memang semakin maju dan berinovasi. Seperti halnya dengan operating system yang semakin beragam.

Mulai dari windows vista, windos 7, windows 8 bahkan windows 10 yang semakin banyak diminati masyarakat di Indonesia. Memang, windows 10 ini tak jauh berbeda dengan windows-windows lainnya, namun jika Anda memaksimalkan penggunaanya, maka OS ini akan semakin mudah dioperasikan dengan kecepatan yang optimal.

Ada banyak cara untuk mengoptimasi windows 10 di komputer atau laptop Anda. Berikut ini beberapa tips optimasi windows 10 yang perlu Anda ketahui. Diantaranya adalah :

1. PC Anda Harus Support Windows 10

Sebelum menginstal windows 10. Anda perlu mengetahui standart hardware yang mensupport windows 10. Berikut ini uraiannya.

Display: 800-by-600 resolution.
RAM: 2GB for both 32-bit and 64-bit.
Processor: 1 gigahertz (GHz) or faster processor or SoC.
Hard disk space: 16GB for 32-bit OS or 20GB for 64-bit OS.
Graphics card: DirectX 9 or later with WDDM 1.0 driver. 

2. Pilih aplikasi yang hemat resource RAM

Anda bisa memilih dan menginstal aplikasi yang hemat resource RAM agar windows lebih opimal dan cepat saat dioperasikan. Selain itu, aplikasi yang memang Anda install pastikan bermanfaat dan digunakan, karena jika tidak digunakan, maka akan memenuhi RAM saja.

3. Matikan aplikasi yang tidak terpakai

Agar PC lebih optimal, matikan apikasi yang tidak digunakan karena hal ini bisa memakan resource RAM. Biasanya aplikasi yang Anda buka dan berada dibelakang layar/background.

4. Uninstall aplikasi yang tidak penting

Lebih baik Anda menguninstall aplikasi yang memang tidak penting dan tidak dibutuhkan lagi. Hal ini mampu mengoptimalkan performa windows 10 dengan baik.

5. Hentikan aplikasi startup

Aplikasi startup bisa membuat komuter Anda lebih lama saat proses booting, untuk itu lebih baik dinonakifkan saja agar lebih cepat. Atau bisa juga memilih aplikasi yang ringan dan lebih cepat dibandingkan aimasi pada saat startup.

6. Menghemat size pada partisi sistem

Untuk menjaga Windows 10 kamu dalam keadaan prima, terutama partisi sistem (biasanya C:\), bisa Anda lakukan dengan menghemat space/ruang pada hardisk.

7. Lakukan defragment secara teratur

Anda bisa melakukan defragment hardisk secara berkal. Hal ini bertujuan untuk mempercepat kinerja sistem arena Windows lebih mudah dalam mengakses data dan file system yang Anda butuhkan. 

8. Install utility pihak ke-3

Beberapa tools yang bisa kamu install untuk mengoptimalkan sistem seperti menghapus junk file, cache sistem diantaranya adalah Glary Utilities, atau CCleaner.

9. Scan komputer secara teratur

Salah satu penyebab menurunnya performa windows adalah virus atau malware. Untuk itu, Anda perlu melakukan scan pada komputer atau laptop secara teratur setiap harinya. Gunakan anti virus yang memang mampu menjaga komputer Anda dari virus.

10. Selalu update aplikasi dan modern apps

Update selalu aplikasi-aplikasi dalam versi terbaru. Dengan begitu, windows 10 akan lebih optimal.  Download software dan modern apps di Windows Store

11. Selalu update windows dan driver

Dengan windows dan software driver yang versi terbaru, maka hardware dan sistem operasi windows 10 akan lebih optimal. Untuk itu, selalu update windows dan driver ke versi terbaru.

Demikian tadi sebelas tips optimasi Windows 10 yang bisa Anda terapkan pada komputer atau laptop yang Anda miliki. Ingat, selalu optimalkan sistem operasi windows Anda agar komputer awet dan bebas virus. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.


EmoticonEmoticon