Tuesday, January 30, 2018

Cara Memilih Windows Yang Cocok Untuk Komputer/Laptop

Microsoft telah banyak membantu banyak orang dengan memberikan kemudahan dalam mengaplikasikan sistem operasi pada komputer. Terhitung ada enam OS yang dirilis oleh Microsoft sejak dulu hingga saat ini. Seperti Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10. Setiap OS pada windows ini memiliki ciri khusus yang berbeda-beda. Hal inilah yang membuatnya tak bisa diterapkan dalam berbagai tipe komputer atau laptop.



Agar kamu tidak salah memilih windows yang cocok untuk komputer atau laptopmu, kamu perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut ini :

1. Pastikan komputer atau laptop yang kamu miliki bisa mensupport windows

Sebelum menginstall windows, ada baiknya kamu tahu standart hardware komputermu. Perhatikan driver yang ada pada komputermu. Hal ini dimaksudkan agar komputermu bisa bekerja secara optimal. Selain itu, pastikan juga komputermu sesuai dengan versi windows yang mana. Apakah windows XP, windows 7 atau yang lainnya.

2. Pilih sesuai kebutuhan

Untuk dapat menggunakan komputer atau laptop dengan baik, sebaiknya pilihah windows yang memang dibutuhkan. Misalnya, jika kamu menggunakan komputer untuk kegiatan sehari-hari, pilih saja windows 7. Windows ini bisa digunakan untuk pengolahan data, multimedia, mengakses internet, dan bermain games. Sedangkan jika digunakan untuk bisnis atau bekerja, penggunaan windows 8 banyak direkomendasikan. Pada dasarnya, kedua jenis windows ini tidak jauh berbeda hanya saja windows 8 lebih simple dan praktis.

3. Perhatikan kestabilan windows tersebut

Pilihlah windows yang memang banyak digunakan masyarakat. Biasanya windows 7 lebih banyak digunakan dibandingkan windows lainnya. Hal ini karena windows 7 sudah stabil dan tidak ada pengembangan lainnya. Sedangkan windows 8, windows 8.1, dan windows 10 masih dalam tahap pengembangan dan perbaikan agar lebih stabil dan sudah digunakan.

4. Pilihlah windows XP untuk komputer yang lambat

Windows XP memang jenis windows yang dirilis terlebih dahulu. Namun, penggunaannya masih ada di sekitar masyarakat. Windows ini biasa diaplikasikan pada komputer atau laptop yang performanya lambat (lemot). Karena memang komputer jaman dulu yang kini masih digunakan sebagian orang, tidak mensupport penggunaan operasi sistem windows 7 ke atas. Komputer-komputer ini adalah yang berspesifikasi prosessor pentium empat kebawah, dengan ukuran RAM tidak lebih dari 1 Gyga dan memiliki VGA yang rendah. Jadi komputer ini masih menggunakan windows XP.

5. Pilih yang performanya lebih cepat

Tentu, penggunaan windows pada komputer atau laptop diharapkan agar peforma komputer lebih cepat. Untuk itu, kamu harus memilih windows dengan kecepatan tinggi dan memiliki performa yang kuat. Bisa dengan menggunakan windows 8 maupun windows 10.

6. Pilih windows dengan waktu booting yang cepat

Saat akan menghidupkan komputer atau laptop, tentu kecepatan proses booting mempengaruhi performa windows. Tak dapat dipungkiri jika waktu booting untuk windows 8 lebih cepat dibandingkan windows 7.

7. Adanya windows store

Windws store merupakan sebuah aplikasi yang didalamnya tersedia berbagai aplikasi yang bisa didownload. Baik itu gratis maupun berbayar. Windows store sendiri ada pada windows 8. Sedangkan untuk windows 7 belum tersedia.

Nah, itulah tadi ketujuh tips memilih windows yang cocok untuk komputer atau laptop. Tips-tips di atas bisa kamu gunakan saat memilih windows. Tentu sesuaikan dengan komputer atau laptop yang kamu miliki. Jangan sampai karena salah pilih, komputer atau laptopmu jadi bermasalah. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.


EmoticonEmoticon