Sunday, March 4, 2018

Cara Belajar Desain Grafis Secara Otodidak

Belajar secara otodidak adalah hal yang lumayan sulit karena berbeda dengan belajar pada umumnya yang dimana biasanya apabila seseorang ingin belajar maka akan mencari guru, namun apa bila kita belajar secara otodidak berarti kita belajar dengan diri kita sendiri seperti contoh apabila kita ingin belajar maka kita akan mancari materi kita sendiri, lalu ketika kita tidak tahu bagamana caranya melakukan sesuatu maka kita pun juga akan mencari cara kita sendiri, lalu apakah susah belajar otodidak? menurut saya No! semua dapat dipelajari asalan kita berusaha untuk mencari.

Desain by Afif Maruf Eska hak cipta pemilik

 Hak cipta pemilik blog dilarang menyimpan atau menggunakan gambar

Sebagai mana manusia yang diciptakan oleh Tuhan sebagai mahluk yang selalu berusaha, kita tidak boleh menyerah untuk melakukannya.

Keuntungan yang di dapatkan dari belajar otodidak ini juga tak kalah jauh dengan belajar dengan guru pengajar, pasalnya jika kita belajar secara otodidak kita di bebaskan mengeksplore sebanyak mungkin apapun yang kita inginkan, apapun yang kita mau tanpa ada seorangpun yang membatasi kita.

Keuntungan dari belajar secara otodidak juga bisa jadi sangat menyenangkan, kepuasan yang kita dapatkan dalam belajar dan menemukan hal hal yang baru yang bahkan sebelumnya kita tidak tahu adalah hal paling menyenangkan saat belajar secara otodidak.

Kembali kedalam topik.

"bagaimana cara belajar desain secara otodidak?"

Umumnya saat kita ingin belajar tentang desain, hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mencari alat perang terlebih dahulu.

"apasih maksud dari alat perang? senjata?"

bukan senjata, namun yang dimaksud dari alat perang adalah software yang nantinya kita gunakan sebagai alat pembuatan desain.

Berikut, contoh software desain yang bisa jadi pilihan kamu untuk membuat desain.


Gambar photoshop, adobe ilustrator, corel draw

3 Software diatas hanyalah sedikit contoh dari beberapa software untuk desain, sebenarnya untuk pembuatan desain pun kita bisa gunakan software lainnya yang memang di khususkan untuk desain tentunya.

"Kenapa alasan pertama untuk belajar desain secara otodidak adalah mencari alat perang terlebih dahulu ?"

Alasannya adalah karena kita sebagai pemula harus belajar terlebih dahulu untuk cara menggukan senjata tersebut, kita tidak bisa pakai semua senjata sekaligus maka pilihlah satu senjata terlebih dahulu.

Sekarang pilihlah software yang akan kamu gunakan tersebut, lalu download.

Software software ini bisa kita ibaratkan sebagai pedang, panah, tongkat, ataupun yang lainnya.

Jadi saat kita telah memilih senjata yang akan kita gunakan nanti, maka disarankan pelajari lah senjata tersebut sampai kita paham, merasa kurang dan bahkan haus akan ilmu yang lebih lagi.

ok lanjut lagi,

setelah memilih senjatanya dan sudah mempersiapkan senjatanya, sekarang marilah kita mulai belajar desain secara otodidak.

Cara Belajar Desain Secara Otodidak

YOUTUBE
Belajar desain secara otodidak bisa kita mulai dengan cara paling mudah yaitu membuka youtube.

Perlu kita tahu bahwa semua orang yang belajar tentang desain pasti akan pergi ke youtube.

Yap betul! Youtube adalah sumber para creator creator tutorial yang berbagi ilmunya secara gratis dalam bentuk vidio online.



Tahukah kamu tutorial photoshop di youtube mencapai 8.440.000 vidio? ini belum termasuk coreldraw dan juga adobe ilustrator lho.

Manfaatkan lah penggunaan youtube ini sebagai media utama kita untuk belajar.

MULAI BELAJAR :

Untuk awalan belajar dibagi menjadi 3 tingkatan yaitu pemula, menengah, dan atas. Bagi yang Belum pernah atau sama sekali melakukan desain bisa memulainya dari tingkatan awal yaitu pemula. jadi apabila kita sudah menguasai tingkatan awal baru kita bisa lanjut ke tingkatan berikutnya.

1. TINGKATAN PEMULA

sebagai pemula yang baru saja belajar desain, belajarlah dari beberapa tutorial yang mudah terlebih dahulu.


Contoh tutorial vidio yang dapat dicari untuk pemula :
  • Dasar Dasar Software yang kita pakai
  • Tools tools yang bisa kita gunakan
  • Shortcut atau tombol pada keyboard untuk mengaktifkan tool di software
  • Tutorial Pemula
  • Tutorial Design Logo
  • Tutorial Editing Foto (photoshop)
  • Tutorial pewarnaan yang bagus
  • Tutorial editing text
  • Tips dan Trik Untuk Desain
Selain dengan belajar melalui vidio kamu juga bisa belajar desain melalui website yang menyediakan tutorial secara tertulis, hal ini juga bisa jadi alternatif kamu apabila kuotamu terbatas.

Setelah belajar dari beberapa tutorial diatas, selanjutnya lakukanlah eksplorasi ekspolaris  untuk mencari tutorial lainnya yang lebih sulit lagi.

Dengan bermodal belajar tutorial untuk pemula sebelumnya, kita dapat beberapa hal mendasar yang bisa kita pakai sebagai landasan lanjutan untuk naik tingkat ke level berikutnya.

2. TINGKATAN MENENGAH

Pada level menengah ini kita sudah berada satu tingkat diatas level pemula, yaitu sudah paham dasar dasar cara untuk pembuatan desain tanpa perlu tutorial lagi melihat tutorial.

Pembelajaran yang cocok untuk level menengah ini kita bisa membuat desain dengan teknik meniru atau mengamati desain orang lain.

Meniru disini bukan berarti kita menjiplak, namun lebih tepatnya kita mengamati lalu membuat desain seperti milik orang tersebut dan kita coba buat menjadi versi kita sendiri.

Contoh Poster pada website freepik.com 

Dengan meniru juga kita bisa belajar lebih banyak lagi tentang tata letak, penempatan ataupun posisi posisi text dan objek untuk pembuatan desain kita nantinya.

Pilihlah desain yang bagus dan cocok dengan style mu.

Lalu ubah lah desain tersebut menjadi lebih baik lagi.

Contoh situs referensi desain keren :
  • https://www.freepik.com/
  • https://www.shutterstock.com/
  • https://freedesignresources.net/
  • https://thehungryjpeg.com/

3. TINGKATAN ATAS

Level atas adalah level dimana kamu sekarang sudah harus bisa menciptakan desain mu sendiri tanpa perlu referensi atau melihat tutorial.


Pada level atas kamu bisa membuka jasa pembuatan desain mu sendiri untuk mendapatkan uang.

Hal ini juga melatih kamu untuk membuat desain berdasarkan permintaan orang yang berbeda selera denganmu.

Selain dengan membuka jasa berbayar kamu juga bisa membuka jasa desain gratisan untuk teman temanmu. Memang kita tidak dibayar, namun hal ini juga membantu kita mengasah skill mendesain untuk orang lain.

Manfaat dari membuat jasa desain gratis juga bisa membuat kita terkenal lho.

Seperti contoh budi, budi suka mendesain dia membuat jasa desain gratis untuk temen temannya yang membutuhkan, suatu hari teman budi tahu bahwa budi bisa mendesain lalu meminta budi untuk mendesain suatu hal. nahh ternyata temannya budi ini adalah salah seorang pengurus osis disekolah nah dari situ temannya itu pun mengenalkan jasa desainnya budi apa bila membutuhkan desainer carilah budi.

Namun tentunya setelah banyak memberikan jasa desain gratis kamu harus mulai membuka jasa desain berbayar, ini agar kamu pun juga tidak dirugikan atas permintaan seseorang yang terus menerus meminta desain gratis.

OTODIDAK tidak mempunyai batasan, jadi kamu sendiri lah yang menjadi batasan.

***
Terimakasih karena telah membaca artikel tentang cara belajar desain secara otodidak, artikel ini lumayan panjang karena banyak materi penting yang perlu disampaikan, maka dari itu saya akan membaginya menjadi beberapa artikel dan jangan lupa tunggu artikel berikutnya.


EmoticonEmoticon