Wednesday, April 18, 2018

Apa Itu Game Dota 2 ?

Dota 2 adalah sebuah game bergenre MOBA (multiplayer online battle arena) yang mengadu 2 tim untuk saling bertarung, yang setiap timnya berisikan 5 orang palyer atau pemain.


Dota juga menjadi salah satu game terlaris di steam dengan jumlah pemain yang mencapai jutaan sebelum di susul oleh game terbaru battle royal yaitu PUBG.

"Kok bisa sih game kaya gini banyak peminatnya?"
Nah membahas sejarah sebelum adanya game dota 2 yaitu game dota 1 atau sering juga terkenal dengan nama Warcraft, dota 1 ini adalah salah satu game yang dulu sangatlah populer akan turnamen turnamen yang diadakan sampai terciptalah game baru yaitu dota 2.

Dota 2 ini berbeda pada game di dota 1, yaitu mulai dari grafis yang lebih baik, sistem yang diperbarui, map yang terus diperbarui, dan juga hero hero terbaru yang keren.

Didalam game dota, tim bagian kiri disebut Tim Radiant dan yang bagian kanan disebut Tim Dire, kedua tim ini memiliki markas utama yang disebut ANCIENT dan tim pertama yang berhasil menghancurkan ancient akan menjadi pemenangnya.

Map pada game dota sangatlah keren karna di game ini penuh akan keseimbangan sistem untuk  kedua tim, jadi di game ini kemenangan tidak ditentukan oleh tim mana yang kamu ikuti.

Map di Dota 2 :


Tahukah kamu? jumlah hero di dota 2 totalnya ada 112 hero ?

Hero yang ada di dota 2 :




Jenis Hero di dota 2 :

Contoh Hero Carry di Dota 2 (Juggernaut) sangat kuat saat bertarung

Carry
Hero petarung yang sangat kuat saat bertempur dan juga memiliki damage yang cukup besar, role ini adalah role yang tentunya diperebutkan oleh semua orang pemain dota karena seorang carry pasti memiliki kill yang banyak, tapi jangan ditiru yah, karena apabila semua player dalam team memilih carry maka team akan menjadi kacau tanpa role masing masing

Hard Carry
Hard carry adalah posisi yang sama persis seperti carry biasa namun hard carry disini adalah hero utama yang membuat team menuju kemenangan.

Pada posisi Hard Carry hero ini akan diberikan space atau tempat untuk farming creping juga last hit sebanyak banyaknya agar cepat menjadi kuat.

Team pun juga harus selaras dengan hard carry karena sekali saja hard carry mati team akan menjadi sangat berat untuk bertahan.

Midder
Seperti nama jenisnya midder atau juga biasa disebut midliner adalah hero yang sanggup 1 vs 1 melawan hero musuh yang berada di tengah map.

Seorang midder harus pinter membaca map, karena apabila jika tak berhati hati maka musuh bisa saja melakukan gank diam diam dan membunuh mu langsung di tempat, oleh karena itu seorang midder harus melihat musuh yang ada di map dan musuh yang tidak terlihat di map karena ada kemungkinan akan melalukan gank.

Tanker
Jenis hero ini pasti kamu sudah, yap tanker bertugas di bagian paling depan dan menerima damage dari musuh untuk melindungi teman satu team.

tugas tanker tidaklah main main karena cukup sulit untuk berada terus terusan di depan saat terjadi pertarungan, dan harus pintar mencari posisi agar teman tidak terculik.

Roammer
Roammer adalah jenis hero yang bertugas untuk berkililing mengamati tempat tempat musuh, dan mencari kesempatan ketika musuh sekarat dapat langsung melakukan kill tanpa basa basi.

Contoh Hero Roammer Dota 2 (Riki) mempunyai kemampuan tidak terlihat

Jenis hero roamer biasanya hero tersebut memiliki kekuatan untuk tidak terlihat atau invisble, atau juga memiliki 1 jurus dengan damage yang besar kemusuh.

Support
Support adalah jenis hero yang bertugas membantu team, seperti memasang ward, memasang sentry, ataupun membackup hero teman dari belakang untuk antisipasi apabila teman akan dibunuh oleh musuh maka support dapat langsung menolong.

Contoh Hero Support Dota 2 (Sandking) memiliki jurus stun dengan delay yang kecil

Menjadi seorang support memang sangatlah sulit karena kurang dihargai dan sulit mendapatkan angka kill namun dibalik itu support adalah hero yang termasuk membawa team menuju kemenangan

Jenis hero ini biasanya jarang diambil oleh player pemula, yang masih belum tahu akan pentingnya seorang support karena dapat menunjang carry menuju kemenangan.

Hard Support
Sama saja seperti support namun pada hard support hero ini hanya berfokus pada item support untuk team sampai kekurangan item untuk dirinya sendiri.

3 jalur atau line posisi di dota 2 :



- Save Line
Saveline adalah tempat dimana kamu berada di bagian map paling aman, dikarenakan tower berada dekat untuk melindungimu, titik temu creep(pasukan kecil) juga tidak akan jauh dari tower dan kamu bisa mencari gold dengan mudah.

Posisi saveline biasanya ditempatkan untuk carry, yaitu pemain petarung paling kuat yg ada di tim tersebut

- Mid Line
Midlane adalah posisi yang berada di tengah map, posisi ini adalah posisi yang lumayan sulit karena bagian tengah ini adalah bagian pusat mengontrol alur game, Mid line adalah target yang mudah untuk di dunuh secara gank(bersama-sama) oleh musuh.

Jadi untuk seorang mid liner harus pandai untuk melihat minimap dan memperkirakaan dimana keberadaan musuh

- Off Line
Offliner adalah kebalikan dari jalur saveline yaitu posisi yang paling bahaya di map, karena posisi ini berada jauh dari tower dan titik pertemuan creep yang agak jauh juga dari tower dan akan susah mencari gold.

alasan kenapa offline sulit adalah karena tentunya apabila kita mengambil posisi offline maka lawan kita adalah posisi saveline milik musuh, juga sama sebaliknya apabila kita pilih saveline makan lawan kita adalah posisi offliner musuh.

SAVELINE (kiri) vs (kanan) OFFLINE
MID (kiri) vs (kanan) MID
OFFLINE (kiri) vs (kanan) SAVELINE

begitulah alur dari pertarungan line di game dota.

Turnamen Dota 2

Game yang sangat terkenal ini sudah pasti memiliki banyak sekali kompetisi yang telah dilakukan, seperti major dota, shanghai major, GESC, dan lain lain, terutama salah satu competisi yang sangat ditunggu oleh seluruh pemain di dunia yaitu The International.


GESC dota 2 turnamen Indonesia (src:jagatplay)

The international adalah kompetisi paling bersejarah dalam dota 2 karena hanya diadakan 1 tahun sekali dan hadiah yang didapatkan dari competisi ini mencapai 277 Miliar Rupiah dalam competisi terakhir yang dimenangkan oleh team Liquid pada The international 7 (TI7) setelah menang 3 - 0 melawan Newbie yang berasal dari china dalam pertandingan yang sengit.


Itulah yang bisa saya tuliskan tentang apa itu game dota 2, apakah kamu mulai tertarik untuk bermain game ini ?

Sekian dari saya, bila ada salah kata atau kekurangan saya mohon maaf yang sebesar besarnya, terimakasih.


1 comments so far


EmoticonEmoticon