Sunday, August 26, 2018

Hal Yang Sangat Tidak Boleh Kamu Lakukan Di internet

 Internet tentunya membuat kita terhubung dengan satu sama lain dan mempermudah pekerjaan kita.  Dengan adanya internet kita bisa melakukan jual beli online, membaca berita, belajar online, bahkan mencari uang pun juga bisa dilakukan secara online.


Internet tentunya membuat kita terhubung dengan satu sama lain dan mempermudah pekerjaan kita.

Dengan adanya internet kita bisa melakukan jual beli online, membaca berita, belajar online, bahkan mencari uang pun juga bisa dilakukan secara online.

Semuanya pasti bisa dilakukan serba online dijaman ini.

Namun tahukah kamu? ada beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan diinternet?

#1. Menipu

Menipu adalah sebuah perbuatan kejahatan, yang tentunya sangat sangat tidak boleh dilakukan karena merugikan orang lain dan SANGAT DILARANG!  Penipuan dengan kedok seperti jual beli online contohnya sudah banyak memakan korban, deng...

Menipu adalah sebuah perbuatan kejahatan, yang tentunya sangat sangat tidak boleh dilakukan karena merugikan orang lain dan SANGAT DILARANG!

Penipuan dengan kedok seperti jual beli online contohnya sudah banyak memakan korban, dengan memanfaatkan pembeli yang tidak paham dengan internet membuat pelaku kejahatan bebas menyuruh pembeli untuk melakukan transfer terlebih dahulu lalu kabur setelah mendapatkan uangnya.

Penjual yang melakukan penipuan online akan terjerat pada undang-undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik yaitu UU ITE yang termasuk juga diatur dalam pasal 378 KUHP

"Barang siapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum dengan menggunakan nama palsu atau martabat (hoedaningheid) palsu; dengan tipu muslihat, ataupun rangkaian kebohongan, menggerakkan orang lain untuk menyerahkan barang sesuatu kepadanya, atau supaya memberi utang maupun menghapuskan piutang, diancam, karena penipuan, dengan pidana penjara paling lama empat tahun."

Tips agar tidak mudah ditipu saat beli online :
- Jangan mudah percaya pada penjual yang baru dikenal.
- Jangan tergiur dengan harga barang yang sangat murah.
- Tanyakan lokasi penjual, apabila lokasi dekat danganmu utamakan COD.
- Hati hati jika penjual memberikan KTP karena bisa saja identiasnya palsu.
- Gunakan pihak ketiga seperti Bukalapak atau Tokopedia sebagai perantara.
- Lihat bukti transaksi penjual, jangan tertipu dengan screenshot BBM ataupun gambar editan.

#2. Bullying

Bullying adalah suatu penindasan yang bukan hanya ada di dunia nyata namun di dunia maya pun sudah sering terjadi.

Bullying adalah suatu penindasan yang bukan hanya ada di dunia nyata namun di dunia maya pun sudah sering terjadi.

Bullying di dunia maya sering terjadi biasanya karena ejekan ejekan orang yang tidak dikenal dengan menuliskan berbagai macam hal buruk pada korbannya semisal seperti meme gambar editan dan lain lain.

Hal ini sebenarnya adalah hal konyol yang banyak pengguna internet belum pahami karena dapat menyebabkan korbanbullying bunuh diri, pernah kah kamu mendengar tentang orang yang bunuh diri gara gara di bully di sosial media ? begitulah kejamnya internet saat ini.

Perlunya pembinaan bagi setiap pengguna internet mulai dari orang tua, anak anak, hingga oran dewasa pun juga perlu dibina untuk tidak melakukan bullying.

#3. Menyebarkan Berita Palsu atau HOAX

HOAX adalah istilah lain dari berita palsu yakni berita yang menuliskan tentang kebohongan atau ke tidak benaran akan sesuatu yang dibuat buat untuk menjatuhkan memprovokosi orang atau sekelompok orang agar percaya terhadap berita tersebut.

HOAX adalah istilah lain dari berita palsu yakni berita yang menuliskan tentang kebohongan atau ke tidak benaran akan sesuatu yang dibuat buat untuk menjatuhkan memprovokosi orang atau sekelompok orang agar percaya terhadap berita tersebut.

Indonesia saat ini sedang gencar gencarnya dalam membasmi para komplotan pembuat dan penyebar berita hoax di media sosial.

Tertangkapnya komplotan saracen merupakan jalur awal indonesia untuk mengungkap lebih banyak lagi para komplotan pembuat berita hoax.

Saracen adalah salah satu dari komplotan penyebar hoax yang baru tertangkap.

Cara kerja SARACEN : 

Sindikat Saracen membuat propaganda di media sosial melalui gambar meme yang bermuatan kebencian dan sara, kemudian gambar meme tersebut nantinya disebarluaskan melalui grup grup di media sosial, bukan hanya melalui satu akun saja namun saracen telah membuat banyak akun yang akan mereka gunakan untuk menyebarkan berita berita hoax tersebut.

Saracen mendapatkan pekerjaan melalui pihak pihak tertentu, dengan tarif mencapai puluhan juta rupiah, saracen akan langsung bekerja sesuai target yang dipesan oleh clientnya.

Semoga saja dengan tertangkapnya saracen dapat membuat masyarakat lebih mewaspadai berita berita yang tidak jelas asal usulnya.

Dan membuat masyarakat kita ini lebih pandai untuk memilih milih berita mana yang asli dan mana yang palsu.


Itulah hal hal yang menurut saya sendiri tidak boleh dilakukan di internet karena seperti dikehidupan nyata internet pun mempunyai tatak krama yang wajib bagi para penggunanya patuhi karena sudah ada perundang undangan dan hukum yang jelas bagi yang melangar, sekian Terimakasih.


EmoticonEmoticon